REMOTE SENSING, GIS & MODELLING STUDY CLUB

Eksistensi aliansi mahasiswa kelautan yang memiliki dalam mengembangkan kemampuan pengindraan jauh dan SIG, menjadi landasan dalam pembentukan kelompok studi ini. Study Club dimaksudkan untuk mewadahi setiap mahasiswa ilmu kelautan yang ingin mengembangkan kemampuannya di bidang pengindraan jauh dan SIG yang di aplikasikan ke berbagai sektor yang terkait.



ACROPORA STUDY CLUB

Kelompok Studi Terumbu Karang atau biasa disebut Acropora Study Club terbentuk tahun 2008. Alasan dibentuknya study club ini untuk menjaga alam, terutama ekosistem terumbu karang serta menjadi wadah bagi mahasiswa Ilmu Kelautan yang berkonsentrasi pada Terumbu Karang.

COASTAL PROTECTION AND RESTORATION BRAWIJAYA

CPRB kepanjangan dari Coastal Protection and Restoration Brawijaya. Terbentuk secara resmi pada 1 Juni 2015, berdasarkan hasil rapat luar biasa ketika itu. Diprakarsai oleh teman-teman Ilmu Kelautan 2012. Study club ini bergerak dibidang konservasi dan kegiatan di pesisir dengan topik yang lebih global.



Seagrass Disscusion Group

Seagrass Disscusion Group (SED-G) merupakan study club yang bergerak dibidang lamun. Study club ini mewadahi mahasiswa yang ingin belajar lebih dalam tentang lamun. Terbentuk sejak tahun 2015, berlandaskan banyaknya mahasiswa yang ingin belajar tentang lamun di Indonesia.

Biotechnology Marine Science Study Club

Biotechnology Marine Science Study Club ialah salah satu kelompok belajar mahasiswa yang dibentuk atas dasar persamaan minat di bidang Bioteknologi. BIOMAS dibentuk awal pada awal bulan Maret 2016. Awal Study Club BIOMAS dibentuk atas dasar inisiatif beberapa mahasiswa Ilmu Kelautan untuk menghimpun mahasiswa yang berfokus akan mengkaji bidang Bioteknologi Kelautan.



Marine Analyzer Discussion

Marine Analyzer Discussion (MAD)  pertama kali terbentuk pada tanggal 21 Maret 2016, MAD sendiri terbentuk karena dilatar belakangi oleh beberapa mahasiswa Ilmu Kelautan FPIK UB untuk membantu memenuhi kebutuhan yang sangat penting demi menunjang tugas akhir, yakni analisi data.Oceanography Study Club

OSC atau Oceanography Study Club merupakan salah satu study club yang ada di Himalaya. Study club ini sebagai wadah mahasiswa Ilmu Kelautan yang berfokus pada bidang Oseanografi.